1. Jelaskan konsep
inti dari pemasaran?
KONSEP INTI PEMASARAN
- Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang merekabutuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
- Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan danbertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Untuk definisi manajerial, pemasaran
sering digambarkan sebagai ”seni menjual produk.”Akan tetapi, orang heran
ketika mereka mendengar bahwa bagian yang paling penting dari pemasaran adalah
bukan penjualan! Penjualan itu hanya merupakan puncak kecil gunung es pemasaran.
2. Menurut
pendapat anda seperti apa konsep dari pemasaran berwawasan sosial?
Tingkat orientasi pada rasa tanggung
jawab sosial dan kemanusiaan. Karena banyaknya kritik dan sorotan dari luar
perusahaan, baik yang datang dari pemerintah, maupun dari masyarakat melalui
lembaga konsumen, maka perusahaan harus memiliki rasa tanggung jawab moral,
untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini dalam arti
luas, harus menghasilkan barang yang baik tidak merusak kesehatan masyarakat.
Menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab, selalu menjaga
kebersihan air dan kebersihan udara dari ancaman polusi, mengurangi kebisingan
oleh mesin pabrik. Semua ini harus dalam rangka menciptakan suasana kehidupan
yang. baik dan tenteram dengan penuh rasa tanggung jawab tidak mementingkan
keuntungan perusahaan semata. Premis yang mendasari pemikiran produsen untuk
mengem-bangkan responsibility ini ialah:
- Gejala konsumerisme (gejala protes dari konsumen terhadap ketidakpuasan yang dilakukan oleh produsen atau oleh penjual) akan muncul apabila masyarakat memperoleh barang yang tidak baik dan mendapat layanan kurang memuaskan.
- Masyarakat selalu menuntut tanggung jawab organisasi, begitu mereka mendapat perlakuan yang kurang baik dan bila ekosistem mereka terganggu.
- Anggota masyarakat selalu menghendaki jaminan keselamatan terutama terhadap komoditi yang mereka beli.
- Pada tingkat ke-4 ini manajemen pemasaran, harus memusatkan kegiatannya pada bagaimana menciptakan, dan menawarkan barang untuk perbaikan mutu kehidupan, bukan hanya sekedar menawarkan barang yang memenuhi selera konsumen.
3. Jelaskan
Hubungan strategi bisnis dengan daur hidup produk?
Istilah segmentasi pasar dan penentuan sasaran
pasar (market targeting) sebenarnya merupakan dua hal yang bebeda. Di depan
telah diuraikan bahwa segmentasi pasar itu merupakan kegiatan membagibagi pasar
yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam
satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dalam
hal ini, market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah
yang akan dilayani.
Sebagai gambaran, misalnya berdasarkan analisa
dan ramalan permintaan, perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang
dianggap menarik, yang membuat perusahaan memperluas pangsa pasar. Perusahaan
tersebut mensurvai sejumlah konsumen sebagai
sampel dari keseluruhan. Dalam survai ini
ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga,
kemasan, servis, dan sejenisnya.
Dari hasil survai ini dapat diketahui
atribut-atribut mana yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli suatu
produk. Misalnya, atribut yang dianggap penting adalah kualitas
(X) dan
harga
(Y). Selanjutnya data hasil survai tersebut
dapat di masukkan ke dalam
suatu produk space yang merupakan suatu bidang
yang berisi titik titik.
1. Preferensi yang
homogen ( mempunyai kesukaan yang sama )
Ini menunjukkan suatu pasar di mana semua
konsumen dapat dikatakan mempunyai preferensi yang sama, baik mengenai harga
maupun kualitas. Dengan demikian diperkirakan para konsumen mempunyai kesukaan
yang sama terhadap merek yang ada. Oleh
karena titik-titik preferensinya terletak di
tengah-tengah atau di pusat.
2. Preferensi yang
menyebar
Ini menggambarkan bahwa konsumen mempunyai
preferensi yang berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan dari produk
tersebut. Kalau di pasar hanya ada satu merek saja tentu
preferensinya akan terletak di pusat, disebabkan
karena merek tersebut akan menarik sebagian besar konsumen yang ada.
Adanya sebuah merek yang teletak di pusat dapat meminimumkan jumlah ketidakpuasan
konsumen. Apabila ada merek pesaing maka masing-masing pesaing akan memilih
tempatnya sendiri-sendiri secara seimbang dalam produk space.
3. Preferensi yang mengelompok
Selain preferensi yang homogen dan preferensi
yang menyebar juga terdapat preferensi yang mengelompok. Kelompok-kelompok yang
berupa kumpulan titik-titik yang terdapat dalam produk space disebut segmen
pasar natural.
4. Diferensiasi,
biaya rendah, dan respons yang cepat dapat dicapai saat manajer membuat
keputusan efektif dalam sepuluh wilayah Manajemen Operasi. Keputusan ini
dikenal sebagaikeputusan operasi (operation decisions). sebutkan sepuluh
keputusan Manajemen Operasi yang mendukung misi dan menerapkan strategi !
sepuluh
keputusan Manajemen Operasi yang mendukung misi dan menerapkan strategi:
a) Manajemen mutu
b) Desain Produk dan Jasa
c) Tata Letak
d) Lokasi
e) Desain Proses dan kapasitas
f)
SDM/Rancangan kerja
g) Manajemen rantai pasokan
h) Persediaan
i)
Penjadwalan
j)
Pemeliharaan
Atau
a) Design
b) Quality
c) Process & capacity design
d) Location
e) Human Resources & Job Design
f)
Supply Chain Management
g) Inventory
h) Scheduling
i)
Maintenance
j)
Layout
Nama :
Ahmad Soleh
NIM :
017389204
UT-UPBJJ :
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar